Banyak Pertanyaan tentang Sedot Lemak; Ini Jawaban Ahli Bedah Plastik

Dalam beberapa tahun ini, operasi sedot lemak mendapatkan reputasi yang agak kurang baik. Kebanyakan orang berpikir bahwa sedot lemak adalah sebuah cara yang mudah dan nyaman membuang kelebihan lemak untuk mereka yang terlalu malas berusaha menurunkan berat badan.

Namun, pendapat itu jauh dari kenyataan.

Sedot lemak bukan formula ajaib untuk penurunan berat badan!

Untuk meluruskan kesalahpahaman yang ada, DoctorxDentist Sessions menghadirkan Dr Christopher Chui, seorang ahli bedah plastik yang terlatih, bersertifikat dan memiliki akreditasi di Singapura (dan Australia).

Jika kamu merasa bahwa sedot lemak adalah cara terbaik untuk mendapatkan tubuh langsing, ambil seporsi salad dan lanjutkan membaca artikel ini.

Tidak Semua Orang Cocok untuk Melakukan Sedot Lemak

Maaf bila ini menghancurkan impianmu! Bukan kamu yang bisa memilih sedot lemak, namun sebaliknya sedot lemak yang memilihmu. Dr Christopher menyatakan “(sedot lemak) bukan cara untuk menurunkan berat badan dan tidak punya bukti manfaat secara medis” (Ya, dia mengatakan persis seperti itu.)

Pasien yang cocok untuk menjalani sedot lemak harus dapat menjalani prosedur pembiusan total secara aman. Karena itu, mereka harus memiliki kesehatan umum yang baik, misalnya tidak punya masalah jantung atau tekanan darah.

Lalu, Siapa yang Bisa Menjalani Sedot Lemak?

Kandidat terbaik untuk sedot lemak adalah mereka yang memiliki berat badan stabil, rutin berolahraga, namun karena beberapa alasan tidak dapat menyingkirkan tumpukan lemak di area tertentu pada tubuh.

Dr Christopher memandang sedot lemak sebagai upaya menghilangkan ketidaksempurnaan dari bentuk tubuh yang sudah hampir sempurna. Bila bentuk tubuh awalnya memang tidak sempurna, maka seseorang harus mengubah setiap bagiannya untuk menjadi sempurna. Sedot lemak tidak cocok untuk tujuan itu  

Nah itulah, kenyataannya. 

Sedot Lemak Bukan Soal Menyingkirkan Semua Lemakmu!

Ilustrasi-tahapan-dalam-operasi-sedot-lemak

Dr Christopher juga mengatakan bahwa prosedur sedot lemak yang baik bukan berarti dapat menyingkirkan sebagian besar lemak dalam tubuh.

Prosedur yang dilaksanakan dengan baik adalah prosedur yang memberikanmu bentuk tubuh yang lebih kamu sukai. Untuk laki-laki, kamu dapat mengharapkan otot perut atau otot lengan menjadi lebih terlihat. Sedangkan untuk perempuan, kamu dapat mengharapkan bentuk tubuh lebih menyerupai jam-pasir dimana pinggangmu menjadi lebih kecil dan terlihat, sedangkan lekuk tubuh lainnya dipertahankan.

“Lalu Bagaimana dengan Sedot Lemak tanpa Operasi? Pasti Cocok untuk Semua Orang!”

Saya tidak ingin menjadi penghancur mimpi, namun tidak ada yang namanya sedot-lemak tanpa-operasi. Dr Christopher menjelaskan bahwa semua prosedur sedot lemak dilakukan dengan membuat irisan kecil pada kulit.

Alat seperti sedotan terbuat dari logam yang disebut kanula akan dimasukan melalui irisan tersebut. Di sinilah keajaiban terjadi. Lemakmu akan disedot keluar melalui kanula tersebut.

“Hah, Jadi Apa Sebenarnya Sedot Lemak tanpa Operasi yang Banyak Diiklankan Itu?”

Banyak spa dan salon yang suka menyebut perawatan mereka sebagai sedot lemak ‘tanpa operasi’. Tapi kenyataannya, perawatan yang mereka lakukan itu sama sekali bukan sedot lemak.

Dr Christopher mengatakan bahwa perawatan pengurangan lemak tanpa operasi memiliki cara kerja yang berbeda. Perawatan tersebut menggunakan energi tertentu untuk mematikan sel-sel lemak, untuk kemudian dikeluarkan oleh tubuhmu. Apapun metode yang digunakan, pengurangan lemak yang bisa dicapai hanya berkisar 20%!

Jika Saya yang Terpilih, Bagaimana Sedot Lemak Dilakukan di Singapura?

Ilustrasi-cara-kerja-sedot-lemak

Operasi sedot lemak standar di Singapura dilakukan dengan membuat irisan pada kulit sepanjang kurang dari 1 cm, kemudian memasukan ‘sedotan’ dari logam yang disebut kanula ke dalam lapisan lemak dan menyedot lemak keluar.

Tahukah kamu bahwa lemak yang dikeluarkan bukan berbentuk cairan? Jadi, kanula harus digerakkan masuk dan keluar untuk menghancurkan lemak sehingga bisa disedot keluar.

Kamu Perlu Membayar SGD15.000 – SGD25.000 untuk Sedot Lemak di Singapura

Seorang pembaca bertanya kepada Dr Christopher berapa biaya sedot lemak dan jawaban singkatnya adalah: bervariasi. Masing-masing dokter bedah menggunakan teknik yang berbeda dan mematok harga yang berbeda.

Secara umum, kamu perlu membayar total SGD15.000 – SGD25.000 untuk sedot lemak di Singapura.

Dokter bedah plastik di Singapura biasanya mengerjakan sedot lemak pada sekurang-kurangnya 5 bagian tubuh. Biaya sedot lemak sekitar SGD1.500 – SGD2.800 per bagian tubuh

Kebanyakan dokter bedah akan mematok harga paket yang di dalamnya termasuk jasa dokter bedah, jasa dokter anestesi, pemakaian ruang operasi. Namun, Dr Christopher menganggap hal ini kurang adil. Alasannya adalah:

  • Bila operasi bisa lebih singkat daripada biasanya, pasien seharusnya membayar lebih sedikit.
  • Bila operasi ternyata membutuhkan waktu lebih lama daripada biasanya, dokter bedah mungkin akan terburu-buru menyelesaikan operasi dan tidak mencapai hasil yang diinginkan. Hal ini disebabkan biaya kelebihan waktu pemakaian ruang operasi dan jasa dokter anestesi harus dibayar oleh dokter bedah sendiri!

Dr Christopher hanya menagihkan jasa dokter bedah, sedangkan biaya lainnya diselesaikan secara terpisah oleh pasiennya. Ia juga memberikan perkiraan total tagihan sebelum operasi dilakukan.

Ada Lebih dari Satu Macam Perawatan Sedot Lemak

Menurut Dr Christopher, ada lebih dari satu cara untuk mengeluarkan lemak.

  • Doktermu dapat menggunakan alat isap dari jarum suntik atau mesin. Tentu saja, mesin dapat menyedot lebih banyak lemak daripada alat suntik.
  • Ada banyak bentuk dan ukuran kanula (sedotan logam).
  • Ada banyak mesin khusus yang dapat menghancurkan lemak dengan cara berbeda-beda. Ada mesin sedot lemak yang dilengkapi dengan tenaga yang menggetarkan kanula untuk menghancurkan lemak. Ada pula teknik bodyjet yang menggunakan semprotan air bertekanan untuk menghancurkan lemak.
  • Metode lainnya, termasuk VASER, menggunakan energi gelombang ultrasound atau laser untuk mengencerkan lemak sebelum disedot keluar. Namun, metode ini tidak umum dilakukan di Singapura.

Beda Dokter Bedah, Beda Teknik. Jadi Pilihlah dengan Bijaksana.

Ilustrasi-tim-dokter-bedah-dan-perawat

Dr Christopher juga menekankan bahwa masing-masing dokter bedah mengandalkan teknik yang berbeda-beda. Ia sendiri menggunakan teknik yang disebut “SAFELipo” yang menggunakan kanula khusus untuk mengencerkan lemak sebelum dan sesudah penyedotan. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko ketidakteraturan kontur tubuh pasca operasi.

Menurutnya, teknik ini efisien dan memberikan hasil yang optimal dibandingkan teknik tradisional. Pada kenyataannya, metode yang menggunakan gelombang energi untuk menghancurkan lemak seperti VASER atau laser berisiko menimbulkan luka bakar pada kulit.

Kamu Perlu Beristirahat setelah Operasi

Bila kamu telah menjalani perawatan sedot lemak yang sukses, selamat! Tapi, jangan cepat-cepat kembali ke rutinitas olahraga setelah operasi.

Setelah prosedur sedot lemak, akan timbul memar dan bengkak pada area dimana penyedotan dilakukan. Area tersebut akan terasa nyeri bila disentuh atau digerakan. Nyeri yang timbul rasanya seperti ketika kamu habis berolahraga berat dan biasanya bisa dikurangi dengan pemberian obat penghilang nyeri. Tentu saja, rasa nyeri tersebut akan berkurang secara bertahap. Jadi berilah dirimu sendiri waktu untuk pemulihan.

Namun, Dr Christopher memperingatkan bila terjadi nyeri yang hebat, ada kemungkinan terjadi hematoma atau infeksi. Kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter bedahmu.

Yang Harus Diingat

Sedot lemak memberikan hasil terbaik untuk mereka yang ingin mengurangi lemak di tempat-tempat tertentu. Hasil yang luar biasa lebih mudah didapatkan bila dilakukan hanya pada area kecil.

Semoga tips dari ahli yang bersertifikat ini dapat membantumu mendapatkan penampilan yang kamu inginkan!

Kamu ingin melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter spesialis ternama di Singapura? DoctorxDentist Sessions adalah ruang dimana dokter-dokter ahli akan menjawab semua pertanyaanmu, secara gratis!

Kamu dapat langsung bertanya melalui menu "Tanya Dokter" atau mengisi formulir DoctorxDentist Sessions di sini.


Referensi: 

  1. Chia CT et al. Evidence-Based Medicine: Liposuction Plast Reconstr Surg. (2017)
Quote RequestWhatsapp