Ahli Bedah Hidung Ini Mengungkapkan Cara Terbaik untuk Memulihkan Diri setelah Operasi Hidung

Senang melihat hasil dari prosedur operasi hidung Anda? Bagaimanapun juga, rinoplasti tidak lepas dari proses pemulihan yang membutuhkan waktu dan perhatian besar guna memastikan hasil yang maksimal.

Tetapi apa yang terjadi selama proses pemulihan? Hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan? Apa yang harus Anda lakukan atau tidak lakukan? Bisakah Anda kembali ke gaya hidup ideal Anda? Banyak orang tidak tahu tentang apa yang diharapkan pasca-operasi hidung. Di artikel ini Saya akan berbagi dengan Anda saran dan tips saya agar Anda dapat menikmati pemulihan yang menyenangkan.

Apa Itu Rinoplasti?

Umumnya dikenal sebagai operasi hidung, operasi hidung adalah operasi yang mengubah tampilan hidung Anda. Anda dapat melakukannya karena alasan medis atau estetika dan kadang-kadang bisa karena keduanya.

Baca juga: Semua yang Perlu Anda Ketahui mengenai Operasi Hidung (2020)

Apa yang Terjadi setelah Rinoplasti? 

Selama prosedur, Anda tidak akan bisa merasakan apapun, sekalipun bisa, hanya sedikit sekali. Ini karena Anda akan ditempatkan di bawah anestesi lokal atau umum.

Setelah operasi, Anda akan memakai pembungkus hidung di mana belat dan / atau balutan dipasang di dalam hidung Anda. Di luar, belat atau perban akan menopang hidung Anda selama proses penyembuhan. Ini akan membutuhkan waktu hingga 1 minggu. Ini membantu melindungi hidung Anda sekaligus mengurangi pembengkakan.

Apa Kemungkinan Efek Samping dari Rinoplasti?

side-effects-of-rhinoplasty

Kemungkinan efek samping dari rinoplasti adalah sebagai berikut:

  • Nyeri pada wajah
  • Reaksi terhadap anestesi
  • Jaringan parut 
  • Mimisan
  • Infeksi
  • Mati rasa
  • Sulit bernapas [1]
  • Pecahnya pembuluh darah permukaan kecil
  • Pembengkakan

Namun, ada kemungkinan terjadinya penyimpangan atau hidung yang tidak rata. Dalam kasus seperti itu, saya menyarankan Anda untuk memberi tahu ahli bedah Anda jika Anda berpikir hidung Anda terlihat tidak teratur. Sebagai tindak lanjut, operasi lanjutan bisa menjadi pilihan Anda berikutnya.

Berapa Lama Masa Pemulihannya?

Jahitan, jika gunakan, akan terhapus dalam 5-10 hari. Penyembuhan awal kemungkinan akan terjadi pada bulan pertama. Hidung Anda adalah organ yang sensitif, oleh karena itu, mungkin perlu satu tahun penuh untuk sembuh sepenuhnya [2].

Tips:

tips-for-a-better-recovery

#1 - Istirahat!

Anda baru saja menjalani prosedur besar! Karena itu, istirahat adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Anda mungkin perlu untuk tidak masuk kerja selama sekitar dua minggu. Selain itu, Anda harus tetap di tempat tidur dan pastikan untuk mengangkat kepala lebih tinggi dari dada Anda. Intinya, mengangkat kepala cukup membantu mengurangi edema pasca operasi dan perubahan warna kulit yang disebabkan oleh memar [3]. Karena alasan itu, cobalah untuk selalu menjaga kepala tetap tegak.

#2 - Kompres dingin

Penggunaan kompres dingin yang teratur memang dapat membantu mengurangi rasa sakit, bengkak, dan mempercepat proses penyembuhan [4]. Sehubungan dengan itu, untuk 2 hari pertama, pasien disarankan untuk menggunakan kompres es pada area ini:

  • Dahi
  • Mata
  • Pipi

#3 - Mohon hindari tekanan.

Hindari ekspresi wajah yang ekstrem seperti tertawa dan tersenyum. Selain itu, jangan letakkan kacamata Anda di hidung selama setidaknya empat minggu. Selain itu, hindari menggunakan pakaian melalui kepala. Dengan kata lain, gunakan kemeja sebagai gantinya.

Singkatnya, tujuan utamanya adalah untuk tidak tegang dan jangan memberi tekanan pada hidung baru Anda. Tekanan atau kekuatan apa pun yang diberikan pada hidung saat sedang disembuhkan dapat memengaruhi strukturnya.

#4 - Obat

You should always inform your doctor of any known allergies you have. Rhinoplasty is generally not a painful surgery. However, if your post-op pain becomes unbearable, you may ask for medications to help ease the pain. Be sure to inform your doctor for prescriptions. Thus, make sure you know:

  • what they are for,
  • how often and
  • for how long you have to take them [5].

Anda harus selalu memberi tahu dokter Anda tentang alergi yang Anda miliki. Rinoplasti umumnya bukan operasi yang menyakitkan. Namun, jika rasa sakit pasca operasi menjadi tidak tertahankan, Anda dapat meminta obat untuk membantu meringankan rasa sakit. Pastikan dokter Anda menjelaskan resep tersebut. Jadi, pastikan Anda tahu:

  • untuk apa obat tersebut,
  • berapa kali pemakaian obat tersebut
  • berapa lama kamu harus mengonsumsi obat tersebut [5].

Hindari obat-obatan yang dapat meningkatkan perdarahan seperti:

  • Aspirin
  • Obat antiinflamasi
  • Suplemen herbal

#5 - Jangan berolahraga

Hingga 6 minggu, hindari olahraga atau aktivitas yang berisiko tinggi mengenai hidung Anda:

  • Olahraga bola
  • Aerobik
  • Jogging

#6 - Dilarang merokok!

Merokok memperlambat proses penyembuhan dan meningkatkan kemungkinan infeksi. Karena itu, hindari tembakau selama 4 bulan sampai semuanya sembuh [6].

#7 - Diet

Makanlah banyak buah dan sayuran yang tinggi serat untuk menghindari sembelit. Sembelit dapat menyebabkan Anda membebani diri sendiri di toilet. Secara khusus, Anda mungkin secara tidak sengaja memberi tekanan pada struktur wajah seperti hidung Anda. Hindari diet tinggi garam karena dapat meningkatkan pembengkakan. Karena itu, pastikan Anda minum air secukupnya.

Kesimpulan

Hidung adalah organ paling sensitif dengan lengan kulit tebal. Ingatlah selalu untuk memberi tahu dokter Anda jika Anda merasakan sesuatu yang aneh atau sakit yang parah. Ikuti semua instruksi untuk perawatan pasca operasi. Selain itu, jangan biarkan ada pertanyaan yang tidak terjawab. Ini akan membantu keberhasilan prosedur dan hasil akhir.


%treatmentquote title=Get treatment quote for Rhinoplasty%

Dr Tan Kar Su telah mendapatkan pengalaman intensif dalam fungsi hidung dan estetika. Dia telah memperdalam pemahamannya selama bertahun-tahun di berbagai bidang seperti kulit, tulang rawan, tulang, dan fungsi hidung. Dr Tan dianugerahi satu tahun beasiswa nasional dengan Shimmian Rhinoplasty Clinic dan ia bertugas di Departemen THT Rumah Sakit Khoo Teck Puat sebagai konsultan plastik wajah setelah kembali ke Singapura.

Baca lebih lanjut tentang Tanya-Jawab dari Dr Tan Kar Su di sini.

References:

1. Rhinoplasty. Healthdirect.gov.au. Published February 13, 2019.‌

2. Shaye DA. Thinking about rhinoplasty? - Harvard Health Blog. Harvard Health Blog. Published March 6, 2019. ‌

This article was published on Wednesday, 11 December 2019. Dr Kar Su‎ Tan medically reviewed the article on Wednesday, 11 December 2019. The last update was made on Tuesday, 20 October 2020.

Quote RequestWhatsapp