Bisakah saya mencegah harus menggunakan kacamata setelah operasi katarak?

Jawaban Dokter (2)

Untuk memulainya, hal terbaik bagi Anda khususnya adalah mendengarkan saran dari dokter Anda dan mendapatkan sepasang kacamata baca.

Seperti jawaban yang telah saya berikan untuk pertanyaan Anda sebelumnya, tidak ada obat untuk presbiopia atau Lau Hua- yang merupakan alasan Anda memerlukan kacamata baca.

Untuk kepentingan diskusi, banyak orang yang menghindari penggunaan kacamata setelah operasi katarak memilih untuk melakukan implan lensa monofokal (monovision) ataupun multifokal.

Monovision dengan implan lensa monofokal berarti satu mata secara sengaja dibuat untuk melihat jarak jauh dengan jelas (melihat jarak dekat menjadi tidak jelas), dan mata yang lain secara sengaja dibuat untuk melihat jarak dekat dengan baik (melihat jarak jauh menjadi tidak jelas), tanpa kacamata. Mungkin seperti yang Anda pikir, sebagian orang menyukainya, sementara yang lain tidak. Hal ini adalah sebuah kesepakatan bersama dan banyak orang dengan metode monovision terkadang masih menggunakan kacamata pada situasi tertentu seperti menyetir pada malam hari, atau membaca pada waktu yang lama.

Implan lensa multifokal dapat memberi penglihatan yang baik pada jarak dekat dan jauh di masing-masing mata tanpa menggunakan kacamata, namun perlu diingat bias cahaya pada malam hari tidak dapat dicegah dengan lensa normal, dan beberapa orang dapat melihat penurunan sensitivitas terhadap kontras, terutama bila katarak mereka awalnya sangat ringan.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Nampaknya Anda belum membutuhkan kacamata baca saat ini, karena usia Anda masih sekitar 30 tahun dan Anda sudah melakukan operasi katarak dan Lasik pada kedua mata Anda. Mata Anda masih bisa berakomodasi dan melihat dalam jarak dekat atau tidak terlalu jauh setelah operasi Lasik.

Jika hal tersebut tidak terjadi, dan Anda mengalami presbiopia (ketika mata yang telah dioperasi Lasik mengalami kesulitan akomodasi) lebih dini, Anda harus berkonsultasi dengan Dokter Mata dan berdiskusi mengenai pilihan lensa monovision yaitu penglihatan jarak jauh pada mata dominan, dan penglihatan jarak dekat atau sedang untuk mata yang non-dominan. Hal ini dapat dicapai dengan lensa kontak, atau miopia ringan yang sengaja dibuat melalui operasi Lasik pada mata non-dominan.

Jika Anda bertanya untuk masa yang akan datang, saat operasi perlu dilakukan pada mata yang sebelumnya telah dioperasi Lasik, maka Anda akan memiliki beberapa pilihan. Pertama, menempatkan lensa monofokal dengan kekuatan lensa yang telah disesuaikan untuk miopia ringan, yang memungkinkan penglihatan jarak dekat/sedang yang baik dan penglihatan jarak jauh yang bisa diterima (monovision).

Beberapa pasien telah memilih metode penglihatan campur ini pada mata non-dominan, dengan meletakkan lensa multifokal, trifokal atau lensa dengan rentang penglihatan yang luas pada mata non-dominan yang akan dioperasi. Hal ini memungkinkan mata non-dominan untuk dapat melihat pada jarak jauh yang optimal, maupun jarak dekat dan sedang.

 

Keputusan terbaik adalah untuk mendiskusikan pilihan Anda dengan Dokter Mata Anda!

 

ESG

Quote RequestWhatsapp