Panduan Lengkap Konsultasi Dokter Spesialis Kulit di Singapura (2020)

Guides

Saya menulis artikel ini karena “tolong berikan rekomendasi dokter spesialis kulit yang baik di Singapura” adalah salah satu permintaan yang paling sering saya terima dari teman-teman saya. Sekarang, saya dapat langsung mengarahkan mereka untuk membaca artikel ini.

Seorang dokter spesialis kulit adalah seorang dokter yang telah menyelesaikan pendidikan spesialisasi untuk menangani penyakit-penyakit yang berhubungan dengan kuku, rambut dan kulit. Di Singapura, dermatologi dikategorikan sebagai sebuah spesialisasi medis, dan hanya dokter yang telah mendapatkan sertifikat spesialis kulit dari Kementerian Kesehatan yang dapat berpraktek sebagai spesialis kulit.

Kanker kulit, penipisan dan kerontokan rambut, eksim, infeksi jamur kulit dan bakteria, serta reaksi alergi pada kulit adalah kondisi-kondisi yang sering ditangani oleh dokter spesialis kulit.

Dengan menjelaskan secara detil bagaimana cara menemukan dokter spesialis kulit yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pongobatan di Singapura, saya berharap dapat menolong semua orang yang sedang membutuhkan seorang dokter spesialis kulit.

Pendidikan Untuk Menjadi Dokter Spesialis Kulit di Singapura.

Foto-menggambarkan-sesi-konsultasi-dokter-dan-pasien

Pertama, saya jelaskan sedikit tentang konteksnya. Di Singapura, pendidikan untuk menjadi dokter spesialis kulit membutuhkan tambahan waktu 6 tahun setelah seseorang menyelesaikan pendidikan sebagai dokter umum. Masa pendidikan untuk menjadi dokter spesialis kulit di Singapura meliputi:

  • 3 tahun pendidikan penyakit dalam
  • 3 tahun pendidikan spesialisasi lanjutan dalam bidang dermatologi

Hampir semua dokter spesialis kulit di Singapura akan menghabiskan banyak waktu di Pusat Kulit Nasional (atau National Skin Centre) sebagai bagian pendidikan mereka. Yang lain melakukan rotasi di beberapa rumah sakit pendidikan, seperti SGH, NUH dan CGH.

Setelah 6 tahun, mereka akan menyelesaikan program pendidikan sebagai konsultan rekanan. [1]

Jalur Publik versus Swasta untuk Layanan Dokter Spesialis Kulit di Singapura.

Foto-gedung-Pusat-Kulit-Nasional-atau-National-Skin-Centre-Singapura

Sebagaimana halnya dengan semua spesialis medis di Singapura, faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih layanan melalui jalur publik atau swasta adalah waktu dan kenyamanan versus biaya.

Berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit di fasilitas swasta selalu lebih cepat. Bagian registrasi akan dengan senang hati membuatkan anda jadwal konsultasi dalam 1 atau 2 hari. Kebanyakan juga menerima pasien yang datang tanpa perjanjian.

Di lain pihak, antrian untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit menggunakan layanan bersubsidi di Pusat Kulit Nasional (atau National Skin Centre atau NSC) membutuhkan waktu 4 sampai 6 minggu. Mereka juga tidak menerima pasien yang datang tanpa perjanjian..[2]

Tentu saja, anda juga dapat memilih untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit di NSC menggunakan layanan non-subsidi melalui ‘jalur swasta’. Hal ini memungkinkan anda untuk:

  • Memilih dan terus berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit yang sama
  • Lebih cepat mendapatkan jadwal konsultasi lebih cepat

Tip: Bila anda memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit melalui jalur publik, anda sebaiknya memotret kondisi kulit yang menjadi masalah 😊. Saya sering sekali menemui pasien yang sudah mengantri jadwal konsultasi selama empat minggu dan kondisi kulitnya sudah kembali normal. Sayangnya, dokter bukanlah pembaca pikiran!

Berapa Biaya Konsultasi Dengan Dokter Spesialis Kulit di Singapura?

Gambar-tangan-memegang-tempat-menabung-uang-koin-berbentuk-babi

Dokter spesialis kulit swasta biasanya mematok biaya SGD120 – SGD140 (Rp 1,2 juta – Rp 1,4 juta) untuk konsultasi pertama.

Obat-obatan biasanya menambah biaya antara SGD150 – SGD300 (Rp 1,5 juta – Rp 3 juta) pada total tagihan anda.

Di NSC, biaya bersubsidi untuk konsultasi dokter spesialis kulit adalah sebagai berikut:

KonsultasiWarga Negara SingapuraPenduduk Tetap (Permanent Resident)
Konsultasi pertama$36.00$54.00
Konsultasi lanjutan$34.00$51.00


Walaupun anda adalah pasien baru rujukan dari poliklinik, anda tetap akan ditemui oleh seorang dokter-konsultant pada kunjungan pertama. Namun, biasanya seorang Medical Officer (yaitu dokter yang lebih junior) akan menemui anda terlebih dahulu (bagaimanapun juga ini adalah rumah sakit pendidikan).

Bila ada memilih untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit di NSC melalui ‘jalur swasta’, patokan biaya konsultasi disesuaikan dengan tingkat senioritas dokternya.

Konsultasi PertamaPendudukBukan Penduduk
Konsultan Senior$121.00$139.14
Konsultan$110.00$126.50
Konsultan Rekanan$97.00$111.55
Konsultasi Lanjutan  
Konsultan Senior$90.00$103.50
Konsultan$79.00$90.84
Konsultan Rekanan$68.00$78.20

Berapa Biaya Konsultasi Dokter Spesialis Kulit Untuk Perawatan Kulit di Singapura?

Foto-perempuan-sedang-mengamati-wajahnya-dengan-cermin

Perawatan kulit di Singapura terbilang mahal karena hampir selalu dianggap sebagai perawatan kosmetis sehingga tidak disubsidi atau tidak dapat diklaim ke Medisave. Biasanya dibutuhkan beberapa sesi perawatan untuk mendapatkan hasil terbaik. Artinya, tagihan anda akan terus bertambah.

Perbedaan biaya konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk perawatan kosmetis tidak berbeda jauh antara melalui jalur layanan publik atau swasta. Contoh perawatan kosmetis termasuk:

  • Perawatan laser untuk jaringan parut bekas jerawat
  • Pengelupasan kulit dengan kimia
  • Pengangkatan tahi-lalat (untuk alasan kosmetis)
  • Menghilangkan pigmentasi, melasma, dan tanda-lahir

Anda dapat membaca artikel ‘aesthetic treatment and costs in Singapore’ untuk informasi lebih lanjut tentang kisaran harganya.

Beberapa jenis perawatan kulit di NSC biayanya mungkin dapat disubsidi atau diklaim ke Medisave jika ada indikasi medis. Salah satu contohnya adalah tahi-lalat yang mencurigakan yang perlu diangkat dan dibiopsi untuk menyingkirkan kemungkinan kanker.

Sayangnya, hal ini diputuskan kasus per kasus. Dokter spesialis kulit dengan siapa anda berkonsultasi yang akan memutuskan apakah ada indikasi medis untuk melakukan perawatan.

Bagaimana Caranya Mendapatkan Subsidi Biaya Konsultasi Dokter Spesialis Kulit di Singapura?

Ilustrasi-dokter-sedang-mengisi-formulir-pemeriksaan

Yang memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi biaya konsultasi dokter spesialis kulit adalah:

  • Warga Negara Singapura atau Penduduk Tetap (pemegang kartu identitas registrasi nasional atau NRIC), dan
  • Memiliki surat rujukan dari sebuah poliklinik, atau dari otoritas medis Angkatan Udara Singapura (SAF)

Pasien yang TIDAK memenuhi syarat untuk perawatan bersubsidi di NSC adalah:

  • Semua penduduk asing
  • Yang dirujuk ke dokter spesialis kulit tertentu
  • Rujukan dari dokter atau rumah sakit swasta

Masalah kulit umum (seperti eksim, reaksi alergi pada kulit, dan jerawat) dapat ditangani oleh dokter umum di poliklinik dengan biaya tertentu. Poliklinik juga menyediakan sebagian besar obat-obatan yang biasa digunakan untuk masalah-masalah tersebut. [3]

Namun, bila kondisi kulit anda tidak membaik setelah pengobatan, atau bila dipandang perlu, dokter di poliklinik dapat merujuk anda ke dokter spesialis kulit di NSC. NSC dan dokter spesialis kulit praktek swasta secara umum menawarkan lebih banyak jenis alat dan obat untuk perawatan berbagai masalah kulit.

Apa Saja Tipe Dokter Spesialis Kulit di Singapura?

Ini mungkin terlalu disederhanakan, tapi ada 2 ‘tipe’ utama dokter spesialis kulit di Singapura.

1. Dokter Spesialis Kulit yang fokus atau tertarik pada dermatologi medis. Mereka sangat berpengalaman dalam mendiagnosa dan menangani penyakit kulit seperti:

  • Kanker kulit
  • Jerawat
  • Eksim
  • Dermatologi anak-anak
  • Psoriasis
  • Kondisi kulit yang disebabkan reaksi imunitas berlebihan (gangguan autoimun)
  • Reaksi alergi pada kulit
  • Kerontokan rambut
  • Kelainan pada kuku

2. Dokter Spesialis Kulit yang fokus pada perawatan kosmetis. Mereka adalah dokter spesialis kulit yang fokus pada perawatan estetika kulit, seperti:

  • Laser
  • Terapi suntikan botox/filler
  • Pengencangan kulit dengan tanam-benang

Sebagai pedoman umum, dokter spesialis kulit di NSC umumnya tergolong dalam kategori pertama. Namun, ada sejumlah dokter spesialis kulit senior di NSC yang juga menyediakan layanan perawatan kulit kosmetis di bagian layanan swasta di rumah sakit tersebut.

Di lain pihak, dokter spesialis kulit praktek swasta biasanya menyediakan perawatan kulit medis sekaligus kosmetis. Tidak banyak yang mengetahui ini, tapi dokter spesialis kulit di Singapura juga dilatih untuk mendiagnosa dan menangani Penyakit Menular Seksual (PMS). Klinik Departemen Pengendalian Penyakit Menular Seksual (DSC) memiliki staf lengkap dan dipimpin oleh dokter spesialis kulit.

Anda mungkin ingin tahu apa hubungan dokter spesialis kulit dengan PMS. Banyak PMS yang memiliki gejala awal berupa ruam kulit (misalnya kutil di area kemaluan, HIV dan sifilis). [4]

Bagaimana Menemukan Dokter Spesialis Kulit yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda?

Foto-seseorang-dengan-kulit-wajah-yang-tampak-berbercak-bercak

Yang pertama, anda mungkin ingin mengetahui apakah dokter yang sedang anda pertimbangkan memang adalah seorang spesialis kulit. Anda dapat dengan mudah mengecek status spesialisasi mereka melalui situs web ini.

Beberapa dokter memiliki Diploma dalam bidang dermatologi. Ini tidak sama dengan kualifikasi dokter spesialis, yang memerlukan waktu pendidikan lebih lama.

Seperti yang dijelaskan pada bagian awal, ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

  • Waktu/kenyamanan versus biaya (jalur publik vs swasta)
  • Tujuan (perawatan medis vs kosmetis)
  • Tipe perawatan kulit yang diperlukan (beberapa klinik tidak memiliki jenis perawatan atau peralatan tertentu)

Foto-seorang-perempuan-sedang-duduk-sambil-membaca-sebuah-dokumen

Berbekal informasi tersebut, anda dapat langsung menghubungi fasilitas yang anda tuju untuk menanyakan tentang perawatan yang anda inginkan.

Pada saat konsultasi, pastikan bahwa anda dapat membangun hubungan komunikasi yang baik dengan si dokter spesialis kulit. Pada akhirnya, saya rasa faktor kunci untuk mendapatkan perawatan terbaik adalah menemukan dokter kepada siapa anda percaya dan dapat berkomunikasi dengan baik.

Saya mungkin sedikit terlalu banyak bicara, namun saya harap tulisan ini setidaknya dapat memberikan gambaran bagi anda tentang proses menemukan dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit yang bagus di Singapura.

Referensi:

1. SAB | General Information on Training Programmes. Healthprofessionals.gov.sg. Published 2019. Accessed December 26, 2019.

2. Consultation Fees  | NSC. Nsc.com.sg. Published 2019. Accessed December 26, 2019.

This article was written by DxD and published on Tuesday, 2 January 2018. DxD medically reviewed the article on Tuesday, 2 January 2018. The last update was made on Thursday, 22 October 2020.

Disclaimer: Opinions belong to the author and not to the platform.

Quote RequestWhatsapp